Friday, February 22, 2013

Jayalah Negerikv Svkatani


Kali ini saya kedapatan svatv kehormatan tiada tara, seorang bapak-bapak bervsia 32 tahvn dari instansi pemerintahan Dinas Pekerjaan Vmvm (PV) Tim Randal Cipta Karya Daerah Jatim. Beristrikan 1 dan berpvtra 1. Sering kami sharing masalah dvnia perproyekan dan seisinya yang kebetvlan sama persis dengan bidang yang saya gelvti selama hayat ini yaitv dvnia perbvrvhan proyek. Cvrhaters tentang proyek yang svdah diatvr jatahnya bvat si anv si itv.
Jadi mengingatkan kembali tahvn 1995 kalav berbicara Dinas PV Cipta Karya ini, dvlv ada tawaran dari orang dalam wilayah kerja Jaksel. Tapi vgh banget gak ada hasrat sama sekali jadi PNS saat itv. Mvsti berseragam bajv korpri birv setiap hari jvmat dan bla bla bla. Bvkan tipikal saya menjadi seorang PNS.
Mencoba akhirnya, dari 2003 akhir sampai 2010 ikvt pervsahaan jasa konstrvksi BVMN ternama di NKRI menempati posisi di divisi lvar negeri. Oh indahnya bagi yang bvkan saya, sawang sinawanglah.
Dan ternyata sama saja antara PNS dan pegawai BVMN 11-11. Gak Svkatanian banget lah. Seperti dongeng-dongeng bahwa kegiatan sikvt menyikvt di kedva instansi itv selalv ada ternyata. Kita sebagai keroco ibaratnya seperti bvah mentimvn ketemv dvrian, kita berontak hancvr dan kita ditindas ya semakin hancvr. Itvlah KETIMVN bvat kavm bawah di lingkvngan PNS atav BVMN. 
Dan akhirnya saya jvga dikirim sosok foto dari tamv saya kali ini yang ingin dijvlvki HANSIP HONORER. Berikvt mari kita simak cvrhaters dari sang Hansip ini ditengah hirvk pikvknya kegiatan dia menyiapkan E-Proc (istilah lelang secara electronic), dan ini saya alamai emang gak fair dan gak bagvs sistem lelang atav tender semacam ini. Karena apa? Yang pasti banting-bantingan harga disaat 3 atav 4 pemenang majv ke kandidat, dan disitv kita harvs mencet angka-angka persaingan, layaknya penjvdi banget. Vgh ngeri karena kita jvga tahv harga pesaing kita berapa-berapanya.
Inilah sistem lelang di lingkvngan pemerintahan yang bikin rakyat semakin meranaers. Disamping ada lagi penjatahan dari pihak pemeberi pekerjaan...... Panjang ceritanya dan si KETIMVN pvn hanya mengikvti arvs apa kata sang DVRIAN.


Hidvp dalam lingkvngan birokrat seperti sakit wasir sedikit salah di damprat habisan – habisan seperti petir, bersingvngan dengan dvnia birokrat yang ada hanya pikiran pragmatis. Skip..skip..*cvrhater. Oke kenal Bvrtan tahvn 2010 saat itv ada peresensi dari website Jakarta beat membahas habis band blak metal yang katanya *cvtting edge, wiihhh sereemm di benak saya pikiran saya waktv membaca sekilas dari topic bar depan laman website. 

Pikiran saya svdah yang blak metal Indonesia minded pokoknya mvsiknya seram, keyboard, scream nvansa vampire. Persepsi saya terbalik 360° ternyata sangat mengakar dan pro-kerakyaatan, bila soekarno dengan paham marhainisme’nya (analogi dari indiologi nasionalis yang mengakar pada wong cilik yang dikvltvskan seorang petani miskin ) maka band ini adalah bagian dari idiologi itv (vntvng dijamannya bvng karno belvm mengenal blak metal hehehe), dari ep pemvja sawah tebv sampai albvm meranaers, nelongsoers, nesvers seakan membalik fakta bahwa blak metal bisa bicara tentang sosialis, kesetaraan,kemandirian dan hvbvngan personal antar manvsia dengan tvhannya. 

Kalo boleh di bilang pak kades  ketika kesvrvpan bvkan gendrvwo sembarangan setidaknya ada tan malaka ada ronggowarsito dan jin – jin svper penvnggv tanah jawa. Kvltvr ndeso yang natvral saya kira memberi kode bagi pemvda negeri ini marilah kembali mencintai kvltvr local (local wisdom) sebagai salah satv entitas dan pribadi bangsa. 

Ketika gempvran bertvbi2 K-pop dari korea setidaknya kita merespon bahwa negeri kita adalah negeri yang kaya, negeri yang indah, diberi tvhan bermacam2 limpahan berkah yang maha dasyat, akan tetapi ketika para elite politik di negeri ini keblinger dengan jabatan, korvpsi, wanita dan kekayaan. 
Nasib petani, tvkang becak, tkw sampai gendervwo penvnggv hvtan protest. Bila ini ada di jaman orde lama svdah pasti ini masvk dalam band svbversive dan dijebloskan penjara sebagai tahan politik dan mengancam dengan tindakan makar…seperti syair genjer – genjer di era 60an. 

Banyak cvrhat dengan pak kades terkadang berbagai tawa dengan kvli arit di laman twitter membawa saya pada jvrang terbesar dalam hidvp ini. Bergelvt dengan para birokrat dan mengakar di tanah svkatani membvat saya menjalani hidvp ini serasa berimbang. Semoga svkatani tetap Berjaya menyvarakan nasib wong cilik walavpvn pilihan kades svdah dimvlai. 
Tetap..Jayalah Negerikv Svkatani…



Best Regard Hansip Honorer




No comments:

Post a Comment